• Berita

Mahasiswa UWP Usung Konsep Desa Mandiri, Dampingi Warga Glagaharum Olah Sampah Berkonsep Pyrolysis dan Biogas

  • 06 Sep 2021
  • Berita Kampus

Di saat pandemi covid 19 tidak membuat mahasiswa berdiam diri, tapi justru harus lebih kreatif dalam belajar mengembangkan ilmu dan mengaplikasikannya untuk kemajuan masyarakat. Kemendikbud juga memfasilitasi hal tersebut dengan kampus merdeka belajar. Salah satu program kampus merdeka belajar adalah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Hal tersebut tentu menjadi tantangan bagi mahasiswa Universitas Wijaya Putra (UWP) untuk eksis dan mengikuti program tersebut. Tim Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) UWP dengan mengusung konsep desa mandiri energi, mereka mengolah sampah menggunakan konsep pyrolysis dan biogas menjadi produk yang bernilai.

“Pandemi bukan halangan bagi tim untuk diam saja, melainkan membuat tim lebih kreatif...

Program Wira Desa BEM UWP Surabaya Lolos Didanai Kemendikbud Ristek Wujudkan Sentra Kerupuk Bulang Kulon

  • 01 Sep 2021
  • Berita Kampus

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya lolos pendanaan program pendampingan wirausaha. Lewat Program Wira Desa, mereka mendampingi wirausahawan di desa untuk berkembang dan naik kelas, khususnya bertahan dan melalui masa pandemi. 

Kali ini mitra wirausahawan yang didampingi adalah ibu-ibu produsen (membuat) dan menggoreng kerupuk serta keripik di Desa Bulang Kulon, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik yaitu Asmani, Marsini dan Supiyati. 

“Pendampingan yang dilakukan oleh tim diharapkan menjadikan ibu-ibu produsen tersebut secara kontinu berproduksi bukan hanya menunggu pesanan dan menitipkan ke warung serta bakul sayur,” kata Dosen Pembimbing Program Wira Desa, Nurleila Jum’ati, S.Psi., MM., M.Psi.

Dalam...