• Berita

Webiner Nasional - Membangun Kapabilitas Generasi Digital

  • 04 Jul 2023
  • Berita Kampus

Dalam rangka menghadapi era digital saat ini, dibutuhkan generasi muda yang memiliki kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan mengembangkan kreativitas dan inovatif. Generasi digital adalah orang-orang yang lahir di era digital yang menggunakan teknologi dan media sosial. Guna menyiapkan generasi unggul yang mampu bersaing dimasa depan, mahasiswa perlu dibekali dengan penguasan teknologi yang adaptif dan harus mengubah mainset berfikir dengan mengembangkan kemampuan hardskill dan softskill dengan berkolaboratif dengan semua stakeholder.  

Berbekal kebutuhan tersebut menjadi dasar terselenggaranya webiner nasional dengan tema “Membangun Kapabilitas Generasi Digital” yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Putra (FISIP UWP) Surabaya dengan berkerjasama antara Fakutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember (FISIP Unmuh) Jember.  Pembicara dalam kegiatan tersebut 1. Dr. Esa Wahyu Endarti, SH., M.Si. (Wakil Rektor II UWP, 2. Iffan Gallan E. Muhammadiy, S.Sos, M.Si. (Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan Unmuh Jember) dan 3. Dr. Eko Wahyuanto, S.Sos., M.Si. (Dosen STM MMTC dan sekaligus sebagai Tenaga Ahli di Balitbang Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia).

Untuk membangun kapabilitas generasi digital di kalangan mahasiswa diperlukan pendidikan yang berkolaborasi antar perguruan tinggi dengan menerapkan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan didukung infrastruktur teknologi yang memadai dengan sistem pembelajaran berbasis pada pendekatan kurikulum “Outcome Based Education (OBE)” yang lebih memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus. Selain itu diperlukan transformasi pengelolaan pendidikan tinggi yang mendukung digitalisasi kampus dengan mengubah dari sistem pembelajaran konvensional menuju sistem pembelajaran berbasis digital sehingga melahirkan generasi digital yang mampu bersaing di masa depan. Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan webiner nasional ini akan dihasilkan generasi muda memiliki kemampuan softskill dan hardskill, yang kreatif dan inovatif yang menguasai kemampuan dan ketrampilan digital yang mempuni.