• Berita

Tingkatkan Kualitas Batik dengan Mesin Setrika Uap Raksasa

  • 28 Oct 2021
  • Berita Kampus

Usaha batik tulis di Kabupaten Jombang diharapkan menjadi lebih produktif. Ini setelah diciptakannya mesin setrika uap raksasa. Pengembangan mesin ini dilakukan Nugroho Mardi Wibowo, Siswadi, dan Yuyun Widiastuti dari Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya serta Karsam dari Universitas Dinamika Surabaya

Mereka melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD). Kegiatan itu dikelola Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aksi kreativitas dosen ini dilakukan karena dosendosen ini melihat adanya masalah rendahnya produktivitas. Selain itu, permasalahan yang sering dialami oleh UMKM Batik adalah kualitas produk belum maksimal dan kerapian produk masih kurang serta kain batik kurang halus.

“Hal ini disebabkan setelah proses penjemuran, kain batik langsung dilipat dan dikemas, tidak dilanjutkan proses penyeterikaan dengan strika uap,” kata Nug panggilan akrab Nugroho, Ketua Tim Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD).

Berangkat dari permasalahan tersebut maka pada 2021 ini, tim pelaksana PPPUD merancang dan membuat Mesin Setrika Uap dengan kapasitas besar. Hasilnya, tercatat ada peningkatan kapasitas produksi sebesar 26% yang disebabkan oleh pemakaian mesin setrika uap dengan kapasitas besar.

Sumber: JawaPos 27 Oct 2021