• Berita

Tim Mahasiswa UWP Serahkan MEPASI ke UD Mitra Wijaya

  • 27 Aug 2021
  • Berita Kampus

Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya konsisten untuk selalu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu yang dilakukan adalah dengan membantu UD Mitra Wijaya, peternak sapi perah dan produsen olahan susu sapi bermerek CHU-CHU dengan pemberian mesin Mesin Pasteurisasi Susu (MEPASI). 

Mesin tersebut dirancang atau didesain dan dibuat oleh tim mahasiswa dari UWP. MEPASI yang diserahkan oleh tim mahasiswa tersebut merupakan kebutuhan UD Mitra Wijaya untuk meningkatkan produksi olahan susu sapi, baik secara kuantitas maupun kualitas. 

“Sebelumnya Bu Tik dan Bu Mun kami yang menjadi mitra tersebut, mengolah susu rasa secara konvensional,” kata dosen pembimbing tim mahasiswa UWP Surabaya, Nurleila Jum’ati, S.Psi., M.M., M.Psi.

Biasanya, untuk tahapan pemanasan perlu diaduk terus menerus dan kemudian dilakukan proses pendinginan. Pengolahan susu tersebut membutuhkan tenaga dan waktu untuk mengaduk, menuang dan mendinginkan secara manual.

Dengan MEPASI maka proses secara konvensional tersebut, bisa dialihkan dengan satu alat yang dilengkapi dengan alat otomasi. Dengan demikian UD Mitra Wijaya menghemat tenaga dan waktu produksi, dimana tahapan demi tahapan disederhanakan dengan satu alat saja.

Tim PKM-PI MEPASI dari UWP terdiri dari Joko Slamet (Ketua/Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik), Dyah Puspita Indah Budi Sari Wulan (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik), M. Iqbal Firdiyansah (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik), Raihana (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Evi Ristanti (Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi). Dan Dosen Pembimbing, Nurleila Jum’ati, S.Psi., M.M., M.Psi.

Untuk keseluruhan kegiatan perancangan dan pembuatan MEPASI serta pendampingan UD Mitra Wijaya berasal dari Pendanaan Kemendikbud Ristek, Belmawa DIKTI dalam Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PKM-PI). 

Sumber: https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2021/08/27/285344/tim-mahasiswa-uwp-serahkan-mepasi-ke-ud-mitra-wijaya