• Berita

Program Wira Desa BEM UWP Surabaya Lolos Didanai Kemendikbud Ristek Wujudkan Sentra Kerupuk Bulang Kulon

  • 01 Sep 2021
  • Berita Kampus

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya lolos pendanaan program pendampingan wirausaha. Lewat Program Wira Desa, mereka mendampingi wirausahawan di desa untuk berkembang dan naik kelas, khususnya bertahan dan melalui masa pandemi. 

Kali ini mitra wirausahawan yang didampingi adalah ibu-ibu produsen (membuat) dan menggoreng kerupuk serta keripik di Desa Bulang Kulon, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik yaitu Asmani, Marsini dan Supiyati. 

“Pendampingan yang dilakukan oleh tim diharapkan menjadikan ibu-ibu produsen tersebut secara kontinu berproduksi bukan hanya menunggu pesanan dan menitipkan ke warung serta bakul sayur,” kata Dosen Pembimbing Program Wira Desa, Nurleila Jum’ati, S.Psi., MM., M.Psi.

Dalam program ini, tim BEM UWP terdiri dari Tiara Ulan Sari (Ketua/Program Sudi Akuntansi), Siti Nur Faizah (Program Sudi Akuntansi) Fajar Rahmandiansyah (Program Sudi Akuntansi)Tasya Oktari (Program Sudi Akuntansi) Dafa Andrian Puspanto (Program Sudi Manajemen) Fadia Nadin Veranda (Program Sudi Manajemen) Silvya Intan Herawati (Program Sudi Manajemen), Aurelia Ellen Nadiya Dela Kristiana (Program Sudi Akuntansi).

Lela –panggilan karib Nurleila Jum’ati menambahkan, ada beberapa tahapan pendampingan yang dilakukan. Di antaranya melakukan sosialisasi kebutuhan untuk perubahan atau inovasi agar dapat memperluas pasar dan pemasaran kerupuk yang dihasilkan. Inovasi tersebut antara lain membuat branding beserta marketing kit yang dibutuhkan agar kerupuk dapat menembus pasar di luar Desa Bulang Kulon, mendesain packing dan digital marketing secara sederhana. Upaya lain yang akan dikerjakan oleh tim beserta mitra adalah pengurusan NPWP sebagai salah satu dasar untuk mendapatkan NIB (Nomor Induk Berwirausaha) dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil). 

Dengan pengembangan tersebut, maka diharapkan ada Sentra Kerupuk Bulang Kulon. Kini, kegiatan tim Program Wira Desa dan ketiga mitra ibu-ibu tersebut mendapatkan support dari Kepala Desa Bulang Kulon, Wijianto. Diharapkan, nantinya program ini juga bisa mengangkat perekonomian warga. (nin)

sumber: https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2021/09/01/286474/lolos-didanai-kemendikbud-ristek-wujudkan-sentra-kerupuk-bulang-kulon