• Berita

Dosen UWP Dampingi UKM Jelita Manukan Lor Kelola Manajemen Stres Saat Pandemi Covid-19

  • 24 Jun 2021
  • Berita Kampus

Musim pandemi Covid 19 memberikan banyak tekanan bagi semua kalangan. Demikian pula yang dialami oleh para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Hal tersebut membuat dosen Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya memberikan pendampingan bagi UKM Jelita (Jelang Lima Puluh Tahun), yang bergerak di bidang bisnis makanan di kawasan Manukan Lor Surabaya.

Dalam program tersebut, ada 20 UKM yang didampingi. Mereka diberikan edukasi secara bertahap bagaimana cara untuk mengelola stress dengan baik. Edukasi pun dilakukan sesuai protokol kesehatan, dan digilir sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

"Kalau tidak dikelola dengan baik, dikhawatirkan nanti bisa berujung stress yang berlarut-larut," kata Ketua Program Pendampingan dari UWP, Nur Jannah.

Karena itu, kata Nur Jannah, pihaknya lantas memberikan edukasi kepada para pelaku UKM ini tentang banyak hal. Di antaranya mengenai manajemen stres, dan bagaimana mengelola tahapan berjualan dalam situasi yang sangat sulit di masa pandemi. 

“Tak kalah penting adalah kesiapan mental, fisik, serta lainnya yang mendukung agar semuanya bisa berjalan dengan lancar,” tambah Nur Jannah.

Permasalahan yang dialami oleh para pelaku UKM Jelita ini antara lain adalah minimnya pengetahuan mengenai Gerd. Dari hal tersebut maka solusi yang ditawarkan adalah memberikan edukasi mengenai Gerd yang nantinya diharapkan mitra dapat memahami apa dan bagaimana Gerd serta cara mengatasinya.

Mereka juga perlu diberikan motivasi agar tidak mengalami stress. Dengan pemberian motivasi diharapkan mitra UKM Jelita tetap terjaga semangatnya untuk berjualan.

UKM Jelita belum pernah memperoleh edukasi agar usaha mereka bisa bertahan dalam situasi pandemi. Seperti saat ini dimana selama pandemi Covid-19 berlangsung, UKM Jelita mengalami penurunan omzet penjualan.

Para pengabdi berusaha memberikan pelatihan dari sisi marketing tentang bagaimana cara menaikkan omzet penjualan. Dengan adanya pelatihan diharapkan UKM Jelita bisa menaikkan omzet penjualan. “Alhamdulillah mereka bisa lebih tenang menghadapi pandemi ini,” tutur Nur Jannah. 

Untuk program ini, Nur Jannah didampingi oleh dua rekannya yakni Yurilla Endah Muliatie dan Navik Kholili yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Teknik di lingkungan Universitas Wijaya Putra Surabaya.

Juga, dua orang mahasiswa yaitu Arida Puspitasari dan Kiki Angelina Irma Pratiwi. Mereka dari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mereka saling support untuk memberikan edukasi yang terbaik bagi para pelaku UKM Jelita. (nin/jay)

sumber : https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2021/06/23/270994/kelola-manajemen-stres-saat-pandemi-covid-19