• Berita

Program Studi Bahasa Inggris Universitas Wijaya Putra mengadakan webinar dengan judul Book Translation for Beginner pada 17 Juni 2020.

  • 22 Jun 2020
  • Berita Kampus

Program studi bahasa Inggris Universitas Wijaya Putra mengadakan webinar dengan judul Book Translation for Beginner pada hari Rabu tanggal 17 Juni 2020. Sebagai Key note speaker adalah F.X. Dono Sunardi, M.A., dosen Sastra Inggris Universitas Ma Chung dan seorang penerjemah professional yang sudah mempunyai karya terjemahan yang tidak sedikit. Webinar ini diselenggarakan dengan menggunakan aplikasi zoom dan ‘live streaming’ di you tube.

Di dalam webinar ini keynote speaker memberikan langkah-langkah bagi khalayak umum ataupun mahasiswa yang ingin memulai kariernya di dunia terjemahaan. Key Note speaker juga berbagi pengalamannya bagaimana dia mengawali berkarya serta tetap produksi di dunia terjemahaan. Dono Sunardi juga membeberkan sedikit banyak teori terjemahan yang bisa dipakai untuk penerjemah pemula.

Disebutkan bahwa untuk menjadi penerjemah langkah awal yg  harus dilakukan adalah menyiapkan portofolio sejak duduk di bangku kuliah. Portofolio inilah yang akan ditawarkan kepada lembaga atau penerbit sebagai salah satu pertimbangan. Untuk lebih membuat portofolio yang lebih terpercaya Dono menganjurkan agar mahasiswa membangun terjemahan sebuah buku secara utuh.

Webinar ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta di zoom dan lebih 50 viewers di you tube. Peserta berasal dari berbagai Universitas dan Institut dari Sabang sampai Merauke serta beberapa praktisi penerjemah dari berbagai daerah di Nusantara.

Tujuan dilaksanakan webinar ini adalah memberikan asupan bergizi bagi mahasiwa khususnya mengenai peluang bisnis yang bisa dikerjaan oleh calon sarjana Sasstra Inggris di dunia terjemahaan dan memberikan trik dan tips bagi khalayak umum yang tertarik untuk menjadi penerjemah professional.

Secara umum kegiatan ini bisa terlaksana dengan cukup lancar dan sukses mendapatkan respon positif dengan banyaknya peserta yang mengikutinya serta banyaknya pertanyaan pertanyaan yang diajukan selama kegiatan webinar ini berlangsung. Semoga kedepannya Program Studi Sastra Inggris Universitas Wijaya Putra mampu menyelengarakan kegiatan kegiatan akademis yang tidak hanya melibatkan sifitas intern UWP saja tetapi khalayak umum dan para akademisi di Nusantara tercinta ini.