• Berita

PKMCSR 2019 Kukuhkan Peranan Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha Di Era Industri 4.0

  • 25 Oct 2019
  • Berita Kampus

Kota Surabaya tepatnya di kampus Universitas Wijaya Putra, sejak Rabu 23 Oktober sampai 25 Oktober 2019, menjadi saksi berkumpulnya ratusan pengabdi dari seluruh Indonesia yang mau menyampaikan presentasinya dalam Konferensi PKM CSR ke 5 untuk tahun 2019.
Tercatat lebih dari 250 dosen dari sejumlah kampus-kampus terbaik di Indonesia hendak menyampaikan laporan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam konferensi yang bertema “ Peranan Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha dalam pemberdayaan di era Industri 4.0. 
Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Dr Kholis Audah dari Swiss German University, Inisiatif Konferensi PkM-CSR ini bermula dari UPH pada tahun 2013, dan selanjutnya mulai tahun 2015 diselenggarakan secara kerjasama dengan Universitas Multimedia Nusantara dan Swiss German University, serta diangkat menjadi event Konferensi Nasional.
“Event Konferensi Nasional PkM-CSR, khususnya di tahun 2019 merupakan forum pertukaran pengalaman pemberdayaan masyarakat Indonesia oleh kalangan perguruan tinggi dan dunia usaha, dalam rangka berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dan di Era Industri 4.0 ini, maka kalangan Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha diharapkan dapat memberdayakan masyarakat untuk menghadapi Era Industri 4.0.,” ujar Kholis lagi.
Ada yang istimewa dari Konferensi PKMCSR tahun ini, karena akan ditandai juga dengan peluncuran asosiasi para penggiat pengabdian kepada masyarakat di tanah air, sehingga dengan adanya asosiasi atau perkumpulan ini kegiatan PKM CSR akan semakin kokoh di Indonesia.
Dari sejarah awal penyelenggaraan PKM CSR, muncul gagasan bahwa penyelenggaraan Konferensi Nasional PKM-CSR dapat bekerjasama lebih luas lagi dengan perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia.
Untuk tahun 2019, Universitas Wijaya Putra di Surabaya telah bersedia menjadi Mitra Penyelenggara Konferensi Nasional PKM-CSR 2019. Untuk itu kita berikan penghargaan kepada Universitas Wijaya Putra - Surabaya
Konferensi nasional PkM-CSR telah memasuki tahun ke-5 dari rangkaian seminar yang telah dimulai dari tahun 2015 di Universitas Multimedia Nusantara (Tangerang), tahun 2016 di Universitas Bung Hatta (Padang), tahun 2017 di Universitas Sebelas Maret (Solo), tahun 2018, di Universitas Mataram (Lombok), dan akhirnya tahun 2019 ini di Universitas Wijaya Putra (UWP), Surabaya.
Tujuan dari kegiatan Konferensi Nasional PKMCSR ini antara lain:sebagaisarana untuk bertukar informasi dan berdiskusi terkait dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah dilakukan oleh lembaga pendidikan maupun program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan oleh dunia usaha. Kemudian kegiatan ini menjadi awal untuk menciptakan sinergi antara kegiatan PKM di lembaga pendidikan dan CSR di dunia usaha sehingga menjadi program pemberdayaan yang lebih efektif dan berkelanjutan. Selain itu PKMCSR terus menjadi forum ilmiah yang mempertemukan para akademisi, peneliti, dan dunia usaha, NGO dan instansi pemerintah (pusat, provinsi, kabupaten, dan kota). (T.ISW/KA/2019)