• Berita

Keren! Bisnis Buket Mahasiswa UWP dapat Biaya dari Pemerintah

  • 08 Nov 2022
  • Berita Kampus

Universitas Wijaya Putra (UWP) konsisten mencetak mahasiswa yang ahli berwirausaha. Usaha yang dibuat mahasiswa ini menyita perhatian pemerintah dan mengucurkan dana pengembangan bisnis.

Usaha yang dijalani dibidang buket ini bernama toko Dandelion_Buket. Untuk merancang usaha ini tidak mudah, butuh proses yang panjang untuk bisa seperti saat ini. “Pada awalnya usaha buket dijalankan dengan dibantu oleh keluarga,” kata Fajar Rahmandiansyah, mahasiswa semester VII, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Wijaya Putra Surabaya.

Fajar menuturkan, usaha yang digeluti ini memang tidak lama, dimulai awal tahun 2022. Namun dengan kseriusan yang dilakukan, pengembangan usaha ini mendapat respon positif dari pemerintah.

“Usaha ini berkembang, akhirnya saya memutuskan untuk menambah sumber daya manusia. Mereka juga mahasiswa,” ujarnya.

Diantara mahasiswa yang bergabung untuk mengembangkan bisnis buket ini adalah, Sumarningsih dari Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian. Ia bertindak sebagai tim pemasaran baik perencanaan maupun pelaksanaan pemasaran secara online maupun offline, Tasya Oktari dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ia bertindak sebagai tim keuangan yang mengatur pengeluaran serta pemasukan bisnis dan pembuatan laporan keuangan bisnis, dan Aurelia Ellen Nadiya dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ia bereperan sebagai tim manajerial yang mengatur sumber daya manusia serta mengoptimalisasi proses pembuatan produk.

Keberadaan tim ini, lanjut Fajar, membuat energi lebih kuat. Salah satu yang dilakukan adalah membuat variasi buket baru yang bernuansa Korean Wave. Dengan pengembangan tersebut maka usaha Dandelion_Buket lolos untuk mendapatkan pendanaan dari Belmawa Dikti, Kemendikbud dalam SKIM P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) 2022.

“Alhamdulillah kami dibantu Dosen Pembimbing yang keren dan ulet, beliau adalah Bu Nurleila Jum’ati, S.Psi., MM,” papar dia.

Dengan pendanaan tersebut, ungkap dia, tim Dandelion_Buket mengimplematasikan bisnis awal ditambah dengan rancangan varians buket baru yang bernuansa Korean Wave, yaitu Hamper, buket polaroid, buket photocard, hamper K-Pop, lampu tidur, bunga meja, bloom box

Berkembangnya varians produk, bisnis Dandelion_Bucket juga melegalkan usaha dengan terbitnya NIB (Nomer Induk Berwirausaha) dengan dasar pembuatan NPWP. Pengembangan pasar dan pemasaran dilakukan baik secara offline maupun online.

“Dandelion_Buket hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masa kini yang memberikan hadiah kepada orang tersayang dan kolega untuk setiap momen penting didalam hidup hadiah yang unik dan berkesan,” jelas Fajar.

sumber : surabaya.inews.id