• Berita

698 Mahasiswa UWP Lulus, Etos Kerja Mumpuni, Siap Jadi Enterpreneur Muda Handal

  • 05 Nov 2023
  • Berita Kampus

Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya telah meluluskan wisudawan yang siap untuk menjadi entrepreneur muda. Tak tanggung-tanggung, ada 617 mahasiswa S1 dan 81 S2 yang siap terjun ke masyarakat. 

Mereka telah dikukuhkan sebagai lulusan yang memiliki ketrampilan berusaha. Karena selama ini, UWP telah membangun SDM 2dengan karakter enterpreneur dari kampus menjadi prioritas kedepan. Mahasiswa lulusan UWP harus menjadi enterpreneur yang memiliki jiwa sosial. 

Rektor UWP Surabaya, Dr Budi Endarto SH, M.Hum mengatakan, UWP Surabaya terus berevolusi menyesuaikan perkembangan zaman. Dari awalnya merupakan teaching university, lalu berubah menjadi riset university pada rentang waktu 2015-2022.

"Saya tadi mendorong untuk diamini bahwa hari ini kita deklarasikan sebagai scale up dari riset menjadi enterpreneur university," katanya usai wisuda sarjana dan pascasarjana 2023 di Hotel Shangri-La, Surabaya, Sabtu (4/11/2023).

Nantinya, sebagai kampus enterpreneur university, UWP akan berfokus ke arah sosio enterpreneur university. Tujuan utamanya adalah untuk digunakan sepenuhnya bagi kepentingan masyarakat.

Caranya dengan mengarahkan periset dan pengabdian masyarakat di UWP untuk menggerakkan UMKM. Hal itu, tentunya sebagai langkah aplikatif terhadap Permendikbudristek 53 Tahun 2023.

"Kalau dulu link and match itu bukan kewajiban, tapi dengan permendikbudristek 53, link and match itu wajib," ungkapnya.

Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya telah meluluskan wisudawan yang siap untuk menjadi entrepreneur muda. Ia pun mengungkapkan, para alumni dari UWP nantinya akan mampu bersaing di dunia kerja. Dibandingkan dengan mencetak peneliti, UWP memfokuskan dirinya untuk menumbuhkan etos kerja. 

Berdasarkan data yang diterbitkan Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, pada Bulan Juni 2023 pada Kluster Pratama, UWP menempati peringkat ke 5 untuk kategori penerima dana terbanyak Hibah Kompetisi bidang penelitian di seluruh Indonesia.

Demikian juga di bidang Pengabdian kepada Masyarakat, pada Kluster Pratama UWP menempati peringkat Pertama secara Nasional baik untuk Kategori Penerima Judul Terbanyak yakni 9 Judul Abmas maupun Kategori Penerima Dana Terbanyak.

"Sering sekali saya sampaikan itu bagaimana program S1 nya itu serasa D4, bukan S1 yang sience saja," katanya.

Mahasiswa UWP Surabaya didorong untuk melakukan aktivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Bahkan jumlah mahasiswa yang mengikuti MBKM sudah ada di angka 10 persen dari jumlah total mahasiswa.

Jumlah ini tentunya akan terus ditingkatkan. Ini sebagai langkah dalam memunculkan kebanggaan bahwa mahasiswa kampus swasta tidak perlu minder untuk bersaing di dunia kerja.

"Mereka kan punya experience kan disitu, dari situ muncul pride bahwa dia juga mampu untuk bersaing," ujarnya.