Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Pendahuluan

Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara/Publik berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang berdiri sejak Tahun 1984 berdasarkan ijin penyelenggaraan SK Mendikbud RI No. 080/o/1984, dengan status terdaftar berdasarkan Surat Kepmendikbud Nomor : 080/0/1986. Sampai sekarang telah melakukan beberapa kali Re-Akreditasi, dan Akreditasi terakhir berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 046/BAN-PT/AK-13/S1/II/2011. Prodi Ilmu Administrasi Negara/Publik membekali lulusan dengan Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) untuk mengelola organisasi publik maupun privat sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman dan dengan memiliki jiwa entrepreneur. Saat ini program studi telah mengembangkan kajian dengan membagi 2 (dua) konsentrasi yaitu Konsentrasi Kebijakan Publik dan Manajemen Pelayanan Publik. Konsentrasi Kebijakan Publik mengarahkan dan memberikan mahasiswa keahlian dalam bidang kebijakan publik/program-program pembangunan sektor publik (analisis, implementasi dan evaluasi). Sedangkan Konsentrasi Manajemen Pelayanan Publik mengarahkan dan memberikan mahasiswa keahlian yang spesifik dalam bidang manajemen dan pengembangan pelayanan publik (Manajer Pelayanan Publik ).

Kompetensi Lulusan
Dengan kemampuan yang diperoleh, lulusan program dapat berkarier sebagai profesional pada sektor publik maupun sektor privat:
1. Administrator publik atau manajer tingkat pertama pada instansi pemerintah atau organisasi nirlaba lainnya
2. Birokrat pada ting kat operasional yang mampu meng gunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelesaian tugas dan masalah.
3. Analis kebijakan yang mampu memberi masukan dalam pembuatan keputusan strategis
4. Pengelola kegiatan lapangan di sektor publik yang sadar dengan nilai-nilai publik
5. Jurnalis/Kolumnis

Kurikulum Inti
Konsentrasi Kebijakan Publik
Studi Formulasi Kebijakan, Implementasi Kebijakan Publik, Evaluasi Kebijakan Publik, Analisis Kebijakan Publik, Studi Kasus Kebijakan Publik
Konsentrasi Manajemen Pelayanan Publik
Hubungan Sektor Publik & Privat, Manajemen Pelayanan Publik, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Akuntabilitas Pelayanan Publik, Isu Dan Masalah Pelayanan Publik