Fakultas Bahasa & Sastra

Pendahuluan

Program Studi (Prodi) Sastra Inggris menawarkan masa studi 4 tahun dengan tujuan membantu mahasiswa mengembangkan ketrampilan berbahasa mereka dan juga pengetahuan akan bahasa dan sastra baik secara lisan maupun tertulis. Program Studi Sastra Inggris juga memberikan program kewirausahaan yang berbasis pada teknologi informasi dan ilmu terapan dalam lingkup bahasa dan sastra Inggris. Kurikulum yang digunakan oleh Program Studi Sastra Inggris, mengacu pada Keputusan Mendiknas Nomor 232 Tahun 2000, adalah Kurikulum Berbasis Kompentensi yang terdiri dari (1) kurikulum inti, dan (2) kurikulum institusional, dimana kurikulum institusional ini disusun oleh Program Studi Sastra Inggris dengan memperhatikan keadaan dan kebutuhan pasar serta menjadi ciri khas program studi. Program Studi Sastra Inggris telah memperoleh ijin penyelenggaraan Kep.Dirjen Dikti No.231/DIKTI/Kep/1998 dan telah terakreditasi berdasarkan SK BAN PT No: 006/BAN-PT/AkXII/S1/IV/2009

Kompetensi Lulusan
Menjadikan lulusan Program Studi Sastra Inggris sebagai tenaga profesi dan profesional yang memiliki :
1. Kompetensi “English for Office”. Para lulusan Sastra Inggris diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki di bidang Bahasa Inggris untuk Perkantoran meliputi; Communication in Business, Secretarial Works, Legal and Documentation, Trading and Forwarding, International Economy, serta Marketing and Entrepreneurship.
2. Kompetensi “TESOL”. Para lulusan Sastra Inggris diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki di bidang Pengajaran Bahasa Inggris meliputi; TEFL (Teaching English as Foreign Language), Instructional Design, Language Testing, Micro Teaching, Internship serta TEYL (Teaching English for Young Learners).

Kurikulum Inti
Konsentrasi TESOL (Pengajaran)
TEFL, Instructional Design, Language Testing, Micro Teaching, Internship, TEYL
Konsentrasi English for Office
Communication in Business, Secretarial Works, Legal and Documentation, Introduction to International Economy, Trading and Forwarding, Entrepreneurship and Marketing