Pengantar

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Wijaya Putra (LPPM UWP) merupakan lembaga yang bertanggung jawab terhadap pembinaan, pemantauan dan evaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Universitas Wijaya Putra. LPPM UWP mempunyai pengalaman dalam kegiatan pengelolaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pada saat ini sedang melakukan perubahan paradigma dari learning university menjadi research university. Hal ini terbukti pada tahun 1997 LPPM UWP bekerja sama dengan Pemerintah Propinsi Jawa Timur mengadakan action research dan development research di desa Jombang Delik Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, dan sampai sekarang desa tersebut menjadi desa binaan UWP. Pada tahun 2000 LPPM mengadakan penelitian pengembangan sumber daya manusia bekerja sama dengan Bapedal Propinsi Jatim. Selanjutnya, pada tahun 2001 LPPM UWP bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Propinsi Jawa Timur mengadakan penelitian tentang Penyusunan Model Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Propinsi Jawa Timur. Untuk bidang pengabdian pada masyarakat, LPPM UWP menerapkan hasil penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan (scientific based entrepreneurship) sehingga masyarakat dapat mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih baik. Hal ini dilakukan oleh LPPM UWP pada tahun 2001 dengan perintisan program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) yang berorientasi pada pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) di Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Hal yang serupa juga dilakukan LPPM UWP bekerjasama dengan PT. Jasa Marga Persero untuk program diklat manajemen dan kewirausahaan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Timur.

Pada perkembangan selanjutnya LPPM UWP mengembangkan jasa bidang penelitian yaitu melayani permintaan baik institusi pemerintah maupun swasta untuk mengadakan survei, pendataaan dan penelitian bidang Ekonomi & Bisnis, Sosial & Kajian Wanita, Hukum, Pertanian, Teknologi, dan Budaya. Untuk bidang pengabdian pada masyarakat LPPM menawarkan jasa konsultasi, diklat, rekrutmen dan seleksi karyawan untuk pihak pemerintah, swasta, BUMN maupun masyarakat dalam bidang ekonomi dan bisnis, hukum, sosial, pertanian, teknologi dan masalah budaya.

LPPM UWP mempunyai 3 (tiga) pusat yaitu Pusat Penelitian, Pusat Informasi & Dokumentasi Ilmiah dan Pusat Pengabdian pada Masyarakat. Sedangkan Pusat Penelitian terdiri dari: Pusat Penelitian Kependudukan dan Lingkungan, Pusat Penelitian Hukum dan HAM, Pusat Penelitian Kebijakan dan Otonomi Daerah, Pusat Penelitian Usaha Kecil Menengah (UKM), Pusat Penelitian Wanita dan Kesejahteraan Anak, Pusat Penelitian Teknologi Terapan, dan Pusat Penelitian Kajian Ekonomi & Bisnis. LPPM UWP beralamat di Kampus I UWP Jl. Raya Benowo 1-3 Surabaya, telp. 031 7413061, 7404404, Fax. 7404405, E-mail : lppmuwp@telkom.net


Visi dan Misi

Visi

Menjadikan LPPM UWP sebagai lembaga penelitian, pendidikan & pelatihan, konsultasi serta bidang pengabdian masyarakat lainnya yang mampu bersaing di tingkat lokal maupun nasional dengan berbasis pada continous improvement.

Misi

  • Menciptakan budaya akademik melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang ekonomi dan bisnis, sosial, hukum, pertanian, dan teknologi di Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui program diklat, konsultasi, dan penelitian baik untuk organisasi pemerintahan maupun swasta.
  • Membangun masyarakat menjadi entrepreneur melalui pendekatan pembinaan dan kemitraan.

Pusat Penelitian

Lingkup Kegiatan Pusat Penelitian mempunyai tugas :

  • Mengelola penelitian yang dilakukan oleh dosen baik penelitian individu maupun kelompok.
  • Mengelola penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa.
  • Menyusun rencana, menentukan dan mengatur kebijakan dalam pngelolaan kegiatan penelitian.
  • Meningkatkan kerjasama dengan baik dengan lembaga penelitian, instansi pemerintah maupun swasta.
  • Memotivasi tenaga pengajar untuk secara aktif melaksanakan penelitian baik penelitian dasar (basic research) maupun penelitian terapan (applied research) sehingga diharapkan para dosen mempunyai peluang untuk dapat mengakses dana-dana penelitian dari luar misalnya Penelitian Dosen Muda (PDM), Studi Kajian Wanita (SKW), Penelitian Hibah Bersaing (PHB), URGE (University Research for Graduate Education), Riset Unggulan Terpadu (RUT).

Pada perkembangan selanjutnya Pusat Penelitian (Puslit) mengembangkan jasa bidang penelitian yaitu melayani permintaan institusi pemerintah dan swasta untuk mengadakan survei, pendataaan dan penelitian. Adapun bidang-bidang survei dan penelitian yang ditawarkan kepada masyarakat:

  • Penelitian Bidang Ekonomi dan Bisnis
  • Penelitian Bidang Sosial, Humaniora, dan Kajian Wanita
  • Penelitian Bidang Hukum
  • Penelitian Bidang Pertanian
  • Penelitian Bidang Teknik
  • Penelitian Bidang Lingkungan

Pusat Informasi dan Dokumentasi Ilmiah

Pusat Informasi dan Dokumentasi Ilmiah mengemban tugas untuk mengelola informasi dan dokumentasi ilmiah yang berkaitan dengan pengelolaan kegiatan belajar mengajar dan penelitian baik untuk konsumsi internal Universitas Wijaya Putra (dosen dan mahasiswa) maupun pihak-pihak luar yang memerlukan. Tugas lain Pusat Informasi dan Dokumentasi Ilmiah adalah mengelola penerbitan Jurnal Ilmiah. Jurnal dalam berbagai bidang ilmu merupakan wadah untuk mempublikasikan karya ilmiah antara lain:

  • Jurnal Administrasi Publik
  • Jurnal Ekonomi dan Bisnis
  • Jurnal Hukum
  • Jurnal Pertanian
  • Jurnal Teknik

Beberapa fasilitas yang akan direncanakan untuk diadakan dalam rangka mendukung kegiatan belajar mengajar dan penelitian adalah:

  • CD ROM Jurnal Ilmiah untuk bidang ilmu Ekonomi & Bisnis, Administrasi Publik, Hukum, Pertanian dan Teknik.
  • Internet

Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM)

Program pengabdian pada masyarakat dilaksanakan dengan cara memanfaatkan dan menerapkan hasil penelitian maupun hasil pendidikan perguruan tinggi. Pada perkembangan selanjutnya PPM UWP dengan sumber daya yang ada mampu memberikan jasa:

  • Konsultasi untuk pihak pemerintah, swasta, BUMN maupun masyarakat lain bidang ekonomi dan bisnis, hukum, sosial, pertanian, teknik dan masalah lingkungan (Daftar Jenis Konsultasi terlampir)
  • Pendidikan dan Pelatihan untuk pihak pemerintah, swasta, BUMN maupun masyarakat lain bidang ekonomi dan bisnis, hukum, sosial, pertanian, teknik dan masalah lingkungan (Daftar Jenis Diklat terlampir)
  • Rekrutmen dan Seleksi Karyawan